Girl In The Sunny Place : The Secret Life of Mao

The.Girl.in.the.Sun.2013.mkv_007034825 The.Girl.in.the.Sun.2013.mkv_006547999

Film Jepang menjadi daya tarik tersendiri bagi saya sebagai seorang penikmatnya. Apalagi dengan genre romantis. Di antara film Jepang dan Korea untuk genre romantis, saya masih cenderung lebih menyukai alur cerita film Jepang yang saya nilai “lugu”. Film Jepang memang berani mengekspos hal-hal yang tidak wajar, tetapi seringkali terlihat “lugu”.

Sudah banyak film Jepang yang saya ikuti. Saya lebih memilih menonton filmnya daripada doramanya. Entahlah dikarenakan apa, saya sendiri menganggapnya karena suka saja. Seperti film-film yang lainnya, saya tahu tentang film Girl In The Sunny Place melihat resensi dari asianwiki.com. Salah satu tokoh utamanya adalah Juri Ueno, yang saya ketahui dari dorama hits Nodame Cantabile. Ketika saya mulai melihat trailer dari film ini, saya langsung suka karena banyak rahasia yang menjadi tagline-nya. Rasa penasaran harus saya tebus dengan menonton filmnya.

edit2

Judul lain dari film ini adalah Her Sunny Side. Film ini adaptasi dari novel “Hidamari no Kanojo” karya Osamu Koshigaya yang diterbitkan pada tahun 2011. Film ini berkisah tentang Kosuke Okuda (Jun Matsumoto) dan Mao Watarai (Juri Ueno). Mereka adalah sepasang sahabat ketika SMP. Hal ini dimulai ketika Mao menjadi siswa baru di sekolah Kosuke dan menjadi sasaran bully dikarenakan Mao tidak mampu dalam segala hal dan dianggap bodoh. Seperti cerita romantis Jepang ketika ada salah satu tokohnya di-bully maka ada tokoh lain yang melindungi. Kosuke-lah yang menjadi tokoh pelindung bagi Mao. Persahabatan terjalin di antara mereka hingga rasa suka dan cinta. Namun, kisah asmara saat SMP harus disudahi ketika Kosuke harus pindah ke kota lain mengikuti orangtuanya. Komunikasi di antara mereka hilang dengan begitu saja.

Cerita dimulai ketika Kosuke sudah dewasa dan bekerja di salah satu perusahaan periklanan. Tampaknya masa remaja dan dewasa Kosuke dihabiskan dengan membosankan tanpa adanya bumbu-bumbu percintaan. Hal tersebut tampak ketika adik Kosuke selalu mengejek kakaknya. Berbeda dengan kakaknya, adiknya tampak seperti orang playboy. Mungkin Kosuke masih menyimpan harapan untuk bertemu dengan teman masa SMP-nya.

Kosuke dan rekannya mendapatkan proyek kerjasama dengan perusahaan lain dalam membuat iklan untuk memperkenalkan produk kliennya. Ketika Kosuke mendatangi tempat mitranya, disanalah dia tidak menyangka bertemu dengan Mao yang tampak berbeda dan cantik. Dari pertemuan itu, komunikasi di antara mereka berlanjut. Kisah cinta keduanya pun mulai berkembang lagi. Hingga pada akhirnya Kosuke memberanikan diri untuk melamar Mao. Di saat pertemuan dengan orangtua Mao, Kosuke akhirnya mengetahui kebenaran mengenai isu yang pernah beredar ketika SMP mengenai siapa sebenarnya Mao dari ayah Mao. Kosuke tidak mempermasalahkan kenyataan tersebut dan dia mencintai apa adanya Mao.

The.Girl.in.the.Sun.2013.mkv_003900848The.Girl.in.the.Sun.2013.mkv_002652477

Semuanya tidak berhenti disini saja. Setelah pernikahan dan mereka berdua mulai tinggal bersama, ada beberapa kejadian yang mulai menyerang Mao. Disini awalnya saya menebak bahwa Mao mengidap suatu penyakit tertentu, seperti cerita drama-drama Jepang dan Korea pada umumnya. Namun, tebakan itu tidak tepat. Karena ada sebuah kejadian yang berkaitan dengan masa kecil Kosuke ketika dia bermain di pantai dan menolong seekor kucing kecil. Kejadian selanjutnya ketika anak tetangga mereka yang hampir jatuh dari teras yang tinggi dan Mao menolongnya dari ketinggian yang tidak lazim untuk selamat. Sedikit demi sedikit Kosuke mulai mencari tahu siapa sebenarnya Mao. Ketika semua hampir terungkap, tiba-tiba Mao menghilang. Semua orang yang berhubungan dengan Mao tidak mengenal siapa Mao. Kosuke tampak semakin bingung. Satu-satunya tempat yang disukai oleh Mao menjadi tujuan akhir Kosuke mencari Mao dan menjadi jawaban penting bagi Kosuke.

Film ini dibalut dengan sangat perlahan dan tidak buru-buru untuk segera mengakhiri tanpa adanya taste. Diawal cerita hingga klimaksnya kita masih sulit mencari makna dari ceritanya. Saat semua rahasia mulai terkuak yang masih berhubungan dengan masa kecil Kosuke, di saat itulah kita paham apa yang ingin disampaikan film ini. Sebuah permintaan dan doa untuk bisa bertemu, mengucapkan terima kasih dan membalas kasih sayang kepada seseorang yang rela terluka demi dirinya menjadi inti dari ceritanya.

Sinematografi dari film ini saya acungi jempol. Sangat keren. Seperti judulnya yang terdapat kata ‘sunny‘, maka film ini diambil dengan latar cahaya dari matahari. Sangat teduh dan menyilaukan secara bersamaan. Setting tempat yang digunakan juga indah. Menambah film ini menjadi indah. Soundtrack yang digunakan dalam film ini adalah lagu kesukaan Mao. Sekali mendengarnya saja kita mudah jatuh cinta. Begitu dengan saya saat pertama mendengar lagu yang menjadi soundtrack-nya. Lagunya membuat kita ingin menggerakkan tubuh seperti Mao. Wouldn’t it be nice adalah judul lagunya yang dikeluarkan pada tahun 1966 oleh band legendaris Beach Boys (sama halnya seperti The Beatles). Lagu ini menjadi list wajib dalam handphone saya setelah menonton filmnya.

The.Girl.in.the.Sun.2013.mkv_006682851

Wouldn’t it be nice if we werw older? Then we wouldn’t have to wait so long. And wouldn’t it be nice to live together. In the kind of world where we belong

Iklan

Diterbitkan oleh

devilove

devi setyowati is my full name // a midwife // interested with the words world // to be a simple thinker // chocolate addict // cappucino addict // "i am not the best but i am trying my best"

One thought on “Girl In The Sunny Place : The Secret Life of Mao”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s